Senin, 25 Mei 2015

LAPORAN OBSERVASI PAUD

LAPORAN OBSERVASI MANAJEMEN PAUD
DI TPA/KB/TK HIMAWARI
NGALIYAN SEMARANG

I.                    Latar  Belakang
TPA/KB/TK Himawari adalah pusat belajar untuk pendidikan anak usia dini yang beralamatkan JalanPerum Bhakti Persada Indah Blok I/14B Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
TPA/KB/TK Himawari yang di pimpin oleh Dra. Ariati ini berdiri pada tahun 2009, dan mulai beroperasi pada Tanggal 29 Maret 2012. Bangunan dari Paud ini sama halnya dengan bangunan perumahan pada umumnya, namun pada setiap ruangan di ganti dengan ruang belajar atau sentra belajar anak didik.
Dalam observasi kami, Paud Himawari ini tidak hanya sebagai pusat belajar anak-anak usia dini, setelah pembelajaran usai Paud ini juga berfungsi sebagai Tempat Penitipan Anak, maka setelah pembelajaran selesai, peserta didik tidak langsung pulang melainkan tinggal terlebih dahulu sejenak sampai sore hari.

II.                 Tujuan TPA/KB/TK Himawari
a.       Membantu anak didik untuk mengembangkan berbagai potensi baik fisik maupun psikis yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, psikomotor, kemandirian dan siap memasuki pendidikan dasar.
b.      Mendukung program pengasuhan anak usia 1 - 6 tahun.

III.             Visi dan Misi TPA/KB/TK Himawari
Visi            : Membangun anak bangsa yang berkarakter dan mampu berekspresi, bereksplorasi, mandiri, kreatif dan cinta alam sekitar dilandasi dengan akhlak mulia.
MISI          : a. Berupaya mengembangkan kepribadian anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal menjadi manusia yang berkualitas lahir dan batin.
b.    Membimbing dengan pendekatan Asah, Asih dan Asuh agar menjadi anak kreatif, mandiri dan berakhlak mulia.
c.    Mewujudkan kepedulian anak terhadap lingkungan cinta alam sekitarnya.

 IV.            Data guru/pegawai tpa-kb-tk himawari Tahun ajaran 2014-2015
NO

NAMA
L/P
TTL
Ijasah tahun dan tempat
Agama
StatusPemerintah/Swasta
Jabatan
1
Dra. Ariati
P
Langkat,15 April 1962

Medan 1988
Islam
Swasta
Kepala Sekolah
2
Ani Panca Hastuti
P
Semarang, 15 Mei 1989
Semarang 2008
Islam
Swasta
Guru
3
Wartini
P
Klaten,04 Agustus 1970
Klaten 1990
Islam
Swasta
Pengasuh
4

Maryati
P
Kendal,15 September 1973
Semarang 1988
Islam
Swasta
Pelaksana umum
5

Fitri Utaminingsih
P
Semarang, 16 Juli 1988
Semarang 2006
Islam
Swasta
Guru
6

Nurul Ummah
P
Magelang, 10 November 1971
Magelang 1991
Islam
Swasta
Guru/Pengasuh
7
Mea Pradnawati
P
Langkat, 20 Agustus 1989
Semarang, 2014
Islam
Swasta
Bendahara/TU


V.                  Pengembangan kurikulum
Pengembangan kurikulum TPA/KB/TK Himawari merupakan subtansi yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan pada usia anak 2-6 tahun. Aspek-aspek yang diamati dalam pengembangan pembiasaan dan pengembangan kemampuan dasar, yaitu aspek
a.       Moral dan nilai-nilai agama.
b.       Sosial emosi.
c.        Bahasa
d.      Kognitif
e.      Fisik/motorik
f.         Seni
g.        Ketrampilan hidup.
Muatan kurikulum terdiri dari : bidang pengembangan pembiasaan dan 4 bidang kemampuan dasar, dengan rincian sebagai berikut :


1.        Bidang Pengembangan Pembiasaan.
a.        Moral dan nilai-nilai agama.
Dari aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama diharapkan akan meningkatkan  ketakwaan anak terhadap Tuhan YME dan membina anak untuk menjadi warga negara yang baik.
b.       Sosial, Emosional.
Dari aspek pengmbangan sosial dimaksudkan untuk membina anak agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar.
c.         Ketrampilan hidup.
Ketrampilan hidup bertujuan supaya anak dapat berinteraksi dengan temannya, dan menolong dirinya sendiri.

2.        Bidang pengembangan kurikulum dasar
a.       Kemampuan berbahasa.
Pengembangan ini bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasanya, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa indonesia maupun jawa dengan baik sesuai jadwal pembelajaran.
b.      Kemampuan kognitif.
Pengembangan ini bertujuan mengembangkan kemampuan berfikir anak untuk dapat mengolah perolehan belajar, dapat mengemukakan macam-macam alternatif pemecahan masalah, membantu anak untuk mengembangkan kemampuan logika matematikanya dan pengetahuan akan ruang dan waktu, serta mempunyai kemampuan untuk memilih, mengelompokan serta mempersiapkan pengembangan kemampuan berfikir teliti.
c.        Kemampuan Fisik/Motorik.
pengembangan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan koordinasi, serta meningkatkan ketrampilan
d.      Kemampuan Seni.
Pengembangan ini bertujuan agar anak dapat dan mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya. Kegiatan pengembangan diri yang dikembangkan di PAUD/KB/TK Himawari bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.

VI.              Jadwal Kegiatan Harian
07.15 – 08.00                                Transisi
08.00 – 08.30                                Rutinitas
08.30 – 08.45                                Makan bekal
08.45 – 10.00                                Kegiatan dalam Sentra
10.00 – 10.30                                Review kegiatan
10.30 – 11.00                                Minum susu
11.00 – 12.00                                Main bebas
12.00 – 13.00                                Makan siang
13.00 – 14.30                                Istirahat siang
14.30 – 15.00                                Mandi sore
> 15.00                                        Kegiatan sore / persiapan pulang


VII.  Metode pembelajaran yang di gunakan
1.         Tanya Jawab
Metode ini anak di beri kesempatan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
2.         Bercakap-cakap
Dalam metode ini, sebelum melaksanakan pembelajaran guru bertanya terhadap anak tentang aktifitas sebelum sekolah.
3.         Unjuk Kerja
Dalam metode ini, dibagian sentra belajar atau bermain anak di berikan kebebasan unjuk kerja atas apa yang dia lakukan.
4.         Penugasan
Metode ini, anak-anak diberikan penugasan terkait kegiatan sebelum atau sesudah belajar, misal penugasan memimpin do’a sebelum belajar, makan maupun sesudah belajar.
5.         Eksperimen
Dalam metode ini, di sentra belajar atau bermain anak-anak di beri kebebasan ber eksperimen sesuai imajinasi mereka masing-masing.
6.         Bercerita
Metode ini anak diberikan sebuah buku cerita bergambar, kemudian menceritakan sesuai isi yang ada dalam buku cerita bergambar tersebut.

VIII.         Sentra dalam Pembelajaran
a.       Sentra Readiness
b.      Sentra Balok
Ada beberapa mainan balok susun baik bulat, kotak, pazzle dan legue raksasa
c.       Sentra Peran
Ada beberapa mainan peran yaitu dokter kecil dan alat-alatnya, menyusun legue raksasa sebagai arsitek.
d.      Sentra Bahan Alam Cair
Dalam sentra ini dilakukan oleh kelas TK, diantaranya terdapat mainan pasir putih, kocok-kocok (pembuatan ice cream), menumbuk beras, mencuci baju, memandikan bayi, mencuci sepatu, cairan warna.
e.       Sentra Seni
Sentra ini memperkenalkan anak dengan alat-alat musik tradisional maupun modern. TPA/KB/TK Himawari ini dalam sentra seni tidak ada aktifita dramband.

IX.              Sarana dan Prasarana Pembelajaran
a.       Ruang Kepala Sekolah
b.      Ruang Tata Usaha
c.       Ruang UKS
d.      Ruang Sentra
e.       Ruang Mushola
f.       Ruang Guru
g.       Tempat Bermain Indoor dan Outdoor
h.      Dapur
i.        Gudang
j.        Ruang Tamu
k.      Kamar mandi / WC
X.          Gedung
Keadaan Umum
Banyaknya Ruang Belajar 5 Ruang
Milik Sendiri/Hak Sewa/Hak Pakai/Menumpang
  1. Kantor                         =Ada/Tidak
  2. Gudang                                    =Ada/Tidak
  3. Dapur                          =Ada/Tidak
  4. Tempat Bermain          =Ada/Tidak
  5. UKS                             =Ada/Tidak
  6. Kamar Mandi               =Ada/Tidak
  7. WC/Tempat Cuci         =Ada/Tidak
  8. Listrik                          =Ada/Tidak
  9. Ruang Tamu                =Ada/Tidak
  10. Air Ledeng                   =Ada/Tidak


XI.              Perkakas dll
  1. Meja/Kursi Anak         = 32 Unit
  2. Meja/Kursi Guru          =   6 Unit
  3. Lemari Besar/Kecil      =   6 Unit
  4. Rak                              = 10 Unit
  5. Papan Tulis                  =   3 Unit
  6. Ayunan                        =   1 Unit
  7. Jungkat-Jungkit            =   1 Unit
  8. Panjatan                       =   1 Unit
  9. Alat Luncur                 =   2 Unit
  10. Bak Pasir                     =   1 Unit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar