LAPORAN OBSERVASI MANAJEMEN PAUD
DI TPA/KB/TK HIMAWARI
NGALIYAN SEMARANG
I.
Latar Belakang
TPA/KB/TK Himawari
adalah pusat belajar untuk pendidikan anak usia dini yang beralamatkan JalanPerum Bhakti Persada Indah
Blok I/14B Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Provinsi Jawa
Tengah.
TPA/KB/TK
Himawari yang di pimpin oleh Dra. Ariati ini berdiri pada tahun 2009, dan mulai
beroperasi pada Tanggal 29 Maret 2012. Bangunan dari Paud ini sama halnya
dengan bangunan perumahan pada umumnya, namun pada setiap ruangan di ganti
dengan ruang belajar atau sentra belajar anak didik.
Dalam observasi kami, Paud
Himawari ini tidak hanya sebagai pusat belajar anak-anak usia dini, setelah
pembelajaran usai Paud ini juga berfungsi sebagai Tempat Penitipan Anak, maka
setelah pembelajaran selesai, peserta didik tidak langsung pulang melainkan
tinggal terlebih dahulu sejenak sampai sore hari.
II.
Tujuan TPA/KB/TK Himawari
a.
Membantu anak didik untuk mengembangkan berbagai
potensi baik fisik maupun psikis yang meliputi moral dan nilai-nilai agama,
sosial emosional, kognitif, bahasa, psikomotor, kemandirian dan siap memasuki
pendidikan dasar.
b.
Mendukung program pengasuhan anak usia 1 - 6 tahun.
III.
Visi dan Misi
TPA/KB/TK Himawari
Visi : Membangun
anak bangsa yang berkarakter dan mampu berekspresi, bereksplorasi, mandiri,
kreatif dan cinta alam sekitar dilandasi dengan akhlak mulia.
MISI : a.
Berupaya
mengembangkan kepribadian anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal
menjadi manusia yang berkualitas lahir dan batin.
b.
Membimbing dengan pendekatan Asah, Asih dan Asuh
agar menjadi anak kreatif, mandiri dan berakhlak mulia.
c.
Mewujudkan kepedulian anak terhadap lingkungan cinta
alam sekitarnya.
IV. Data guru/pegawai tpa-kb-tk himawari Tahun ajaran 2014-2015
NO
|
NAMA
|
L/P
|
TTL
|
Ijasah tahun
dan tempat
|
Agama
|
StatusPemerintah/Swasta
|
Jabatan
|
1
|
Dra. Ariati
|
P
|
Langkat,15
April 1962
|
Medan
1988
|
Islam
|
Swasta
|
Kepala
Sekolah
|
2
|
Ani
Panca Hastuti
|
P
|
Semarang,
15 Mei 1989
|
Semarang
2008
|
Islam
|
Swasta
|
Guru
|
3
|
Wartini
|
P
|
Klaten,04
Agustus 1970
|
Klaten
1990
|
Islam
|
Swasta
|
Pengasuh
|
4
|
Maryati
|
P
|
Kendal,15
September 1973
|
Semarang
1988
|
Islam
|
Swasta
|
Pelaksana
umum
|
5
|
Fitri
Utaminingsih
|
P
|
Semarang,
16 Juli 1988
|
Semarang
2006
|
Islam
|
Swasta
|
Guru
|
6
|
Nurul Ummah
|
P
|
Magelang,
10 November 1971
|
Magelang
1991
|
Islam
|
Swasta
|
Guru/Pengasuh
|
7
|
Mea
Pradnawati
|
P
|
Langkat,
20 Agustus 1989
|
Semarang,
2014
|
Islam
|
Swasta
|
Bendahara/TU
|
V.
Pengembangan
kurikulum
Pengembangan kurikulum TPA/KB/TK Himawari merupakan
subtansi yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan pada usia anak 2-6 tahun.
Aspek-aspek yang diamati dalam pengembangan pembiasaan dan pengembangan
kemampuan dasar, yaitu aspek
a.
Moral dan
nilai-nilai agama.
b.
Sosial
emosi.
c.
Bahasa
d.
Kognitif
e.
Fisik/motorik
f.
Seni
g.
Ketrampilan
hidup.
Muatan kurikulum terdiri dari : bidang pengembangan
pembiasaan dan 4 bidang kemampuan dasar, dengan rincian sebagai berikut :
1.
Bidang
Pengembangan Pembiasaan.
a.
Moral
dan nilai-nilai agama.
Dari aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama
diharapkan akan meningkatkan ketakwaan anak terhadap Tuhan YME dan
membina anak untuk menjadi warga negara yang baik.
b.
Sosial,
Emosional.
Dari aspek pengmbangan sosial dimaksudkan untuk
membina anak agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar.
c.
Ketrampilan
hidup.
Ketrampilan hidup bertujuan supaya anak dapat
berinteraksi dengan temannya, dan menolong dirinya sendiri.
2.
Bidang
pengembangan kurikulum dasar
a. Kemampuan berbahasa.
Pengembangan ini bertujuan agar anak mampu
mengungkapkan pikiran melalui bahasanya, mampu berkomunikasi secara efektif dan
membangkitkan minat untuk dapat berbahasa indonesia maupun jawa dengan baik
sesuai jadwal pembelajaran.
b. Kemampuan kognitif.
Pengembangan ini bertujuan mengembangkan kemampuan
berfikir anak untuk dapat mengolah perolehan belajar, dapat mengemukakan
macam-macam alternatif pemecahan masalah, membantu anak untuk mengembangkan
kemampuan logika matematikanya dan pengetahuan akan ruang dan waktu, serta
mempunyai kemampuan untuk memilih, mengelompokan serta mempersiapkan
pengembangan kemampuan berfikir teliti.
c. Kemampuan
Fisik/Motorik.
pengembangan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan
melatih gerakan kasar dan koordinasi, serta meningkatkan ketrampilan
d. Kemampuan Seni.
Pengembangan ini bertujuan agar anak dapat dan mampu
menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya. Kegiatan pengembangan diri
yang dikembangkan di PAUD/KB/TK Himawari bertujuan memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan
bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
VI.
Jadwal
Kegiatan Harian
07.15 – 08.00 Transisi
08.00 – 08.30 Rutinitas
08.30 – 08.45 Makan
bekal
08.45 – 10.00 Kegiatan
dalam Sentra
10.00 – 10.30 Review
kegiatan
10.30 – 11.00 Minum
susu
11.00 – 12.00 Main
bebas
12.00 – 13.00 Makan
siang
13.00 – 14.30 Istirahat
siang
14.30 – 15.00 Mandi
sore
> 15.00 Kegiatan sore / persiapan pulang
VII.
Metode pembelajaran yang di gunakan
1.
Tanya Jawab
Metode ini anak di beri kesempatan menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru
2.
Bercakap-cakap
Dalam metode ini, sebelum melaksanakan pembelajaran guru bertanya
terhadap anak tentang aktifitas sebelum sekolah.
3.
Unjuk Kerja
Dalam metode ini, dibagian sentra belajar atau bermain anak di
berikan kebebasan unjuk kerja atas apa yang dia lakukan.
4.
Penugasan
Metode ini, anak-anak diberikan penugasan terkait kegiatan sebelum
atau sesudah belajar, misal penugasan memimpin do’a sebelum belajar, makan
maupun sesudah belajar.
5.
Eksperimen
Dalam metode ini, di sentra belajar atau bermain anak-anak di beri
kebebasan ber eksperimen sesuai imajinasi mereka masing-masing.
6.
Bercerita
Metode ini anak diberikan sebuah buku cerita bergambar, kemudian
menceritakan sesuai isi yang ada dalam buku cerita bergambar tersebut.
VIII.
Sentra dalam Pembelajaran
a.
Sentra Readiness
b.
Sentra Balok
Ada
beberapa mainan balok susun baik bulat, kotak, pazzle dan legue raksasa
c.
Sentra Peran
Ada
beberapa mainan peran yaitu dokter kecil dan alat-alatnya, menyusun legue raksasa
sebagai arsitek.
d.
Sentra Bahan Alam Cair
Dalam
sentra ini dilakukan oleh kelas TK, diantaranya terdapat mainan pasir putih,
kocok-kocok (pembuatan ice cream), menumbuk beras, mencuci baju, memandikan
bayi, mencuci sepatu, cairan warna.
e.
Sentra Seni
Sentra
ini memperkenalkan anak dengan alat-alat musik tradisional maupun modern.
TPA/KB/TK Himawari ini dalam sentra seni tidak ada aktifita dramband.
IX.
Sarana dan Prasarana Pembelajaran
a.
Ruang Kepala Sekolah
b.
Ruang Tata Usaha
c.
Ruang UKS
d.
Ruang Sentra
e.
Ruang Mushola
f.
Ruang Guru
g.
Tempat Bermain Indoor dan Outdoor
h.
Dapur
i.
Gudang
j.
Ruang Tamu
k.
Kamar mandi / WC
X.
Gedung
Keadaan Umum
Banyaknya Ruang Belajar 5 Ruang
- Kantor =Ada/
Tidak - Gudang =Ada/
Tidak - Dapur =Ada/
Tidak - Tempat
Bermain =Ada/
Tidak - UKS =Ada/
Tidak - Kamar
Mandi =Ada/
Tidak - WC/Tempat
Cuci =Ada/
Tidak - Listrik =Ada/
Tidak - Ruang Tamu =Ada/
Tidak - Air Ledeng =Ada/
Tidak
XI.
Perkakas dll
- Meja/Kursi
Anak = 32 Unit
- Meja/Kursi
Guru = 6 Unit
- Lemari
Besar/Kecil = 6 Unit
- Rak = 10 Unit
- Papan
Tulis = 3 Unit
- Ayunan = 1 Unit
- Jungkat-Jungkit = 1 Unit
- Panjatan = 1 Unit
- Alat Luncur = 2 Unit
- Bak Pasir = 1 Unit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar